Pemblokiran PayPal hingga Steam oleh Kominfo Trending di Twitter

Pemblokiran 8 PSE oleh Kominfo RI mendapat sorotan dari masyarakat. Bahkan, hingga Sabtu sore jadi perbincangan hangat di sejumlah media sosial.

Pemblokiran PayPal hingga Steam oleh Kominfo Trending di Twitter
Logo PayPal. (Sumber: internet)

DELAPAN Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI per 30 Juli 2022.

Menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, seperti dilansir dari CNN Indonesia, pemblokiran dilakukan sampai pihak bersangkutan mendaftarkan usahanya sebagai PSE di website Kominfo.

Semuel menambahkan, blokir akan dibuka dalam waktu singkat jika PSE tersebut segera mendaftar.

Langkah Kominfo ini mendatangkan pro dan kontra di kalangan netizen. Bahkan, menjadi trending topic di sejumlah media sosial, seperti Twitter.

"Steam tempat orang beli game legal diblokir. Judi onlen jalan terossss... kebalik gak sih u @kemkominfo???? Paypal juga diblokir pdhl banyak lho org jualan sampe kirim ke LN ya pake PayPal," cuit pengguna Twitter @selphieusagi.

Banyak pihak lainnya yang menyayangkan langkah Kominfo ini. Pengguna Twitter lainnya ada juga yang membela langkah Kominfo. "Apa susahnya Paypal ikutin aturan domestik yuridiksi Indonesia.. Paypal sampe diblokir ya karena tidak comply dgn aturan negara kita.. Kalo Paypal comply dengan aturan negara kita yah nggak sampe diblokir... Narasinya dirubah jgn serang Kominfo tapiii seranglah Paypal yg tdk taat" cuit akun @ade_septian.

Sampai pukul 17.09 WIB, tagar #BlokirKominfo sudah dicuit 84,4 ribu kali, tagar #GoogleDrive sebanyak 63,2 ribu kali dan nama Menteri Kominfo Jhonny G Plate dicuit 2.614 kali.  (*)