Ada Gejala Begini? Waspada Penyakit Cacar Monyet

Demam, nyeri otot, sakit pinggang merupakan sebagian gejala penyakit cacar monyet. Segera periksakan diri.

Ada Gejala Begini? Waspada Penyakit Cacar Monyet
Ilustrasi (Sumber: Okezone.com)

PENGURUS Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah meminta pemerintah, tenaga kesehatan dan masyarakat waspada pada penyakit cacar monyet atau monkeypox. Saat ini, pasien suspek cacar monyet sudah ditemukan di Semarang, Jawa Tengah.

Cacar monyet dapat menular lewat beberapa cara. Dikutip dari situs Litbang Kementerian Kesehatan, virus cacar monyet dapat menular ketika;

1. Seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. 

2. Lewat plasenta dari ibu hamil ke janin. 

3. Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, ketika menangani atau memproses hewan buruan, atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

4. Melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen.

5. Dapat ditularkan pula dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh penderita. 

6. Melalui droplet pernapasan Ketika melakukan kontak dengan penderita secara berkepanjangan.

Masa inkubasi cacar monyet biasanya berkisar dari 6 hingga 13 hari tetapi dapat pula 5 hingga 21 hari.

Gejala dan tanda cacar monyet :

1. Sakit kepala

2. Demam akut >38,5 derajad celcius

3. Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)

4. Nyeri otot/Myalgia

5. Sakit punggung

6. Asthenia (kelemahan tubuh)

7. Lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh)

8. Dalam 1 sampai 3 hari (kadang-kadang lebih lama) setelah munculnya demam, penderita akan mengalami ruam, sering dimulai pada wajah kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh. (*)