10 Alasan Kenapa Bekerja di Rumah Itu Baik

Teknologi, memungkinkan kita menjalankan bisnis sembari menikmati sunset di pantai, mendengarkan live music di kafe, dan sebagainya.

10 Alasan Kenapa Bekerja di Rumah Itu Baik
Ilustrasi bekerja dari rumah (Sumber: https://www.bharian.com.my)

PESATNYA perkembangan teknologi memungkinkan orang bekerja dari mana saja. Kini, makin banyak profesi yang tidak mengharuskan orang bekerja dalam gedung kantor. Bahkan, ada yang melakukannya di rumah.


Teknologi, memungkinkan kita menjalankan bisnis sembari menikmati sunset di pantai, mendengarkan live music di kafe, dan sebagainya. Sementara bagi yang malas ke luar rumah, teknologi juga memungkinkan bisnis dijalankan dari tempat tinggal kita. Bahkan dari atas tempat tidur. Tidak perlu keluar rumah untuk bekerja dan mencari nafkah.


Ada alasan-alasan baik bagi kita untuk bekerja dari rumah. Dikutip dari buku 'Berwirausaha Itu Mudah. 1000 tips untuk memulai dan menumbuhkembangkan bisnis Anda' karya Robert Ashton, ini 10 alasan baiknya;


1.  Murah. Uang sewa kantor bisa dihemat dan diinvestasikan dalam teknologi, pemasaran, dan lain-lain yang menumbuhkan bisnis Anda.


2. Pergi-pulang. Berjalan sedikit ke kantor bisa memberikan suasana baru setelah bertahun-tahun mengejar kereta pukul 7.30. Ini artinya jam kerja Anda lebih panjang dalam hari yang lebih pendek.


3. Mudah. Jika Anda tipe orang yang kreatif, atau hanya senang bekerja pada jam yang tak lazim, bekerja dari rumah berarti Anda bisa masuk kantor sesuka hati Anda.


4. Pengawasan anak. Meskipun agak seperti pedang bermata dua, bekerja dari rumah memudahkan pengawasan terhadap anak. Juga lebih mudah untuk mengatur jam kerja pada hari olahraga di sekolah.


5. Kedai kopi. Mereka yang punya kantor pun sering memilih bertemu dengan pelanggan di kedai kopi yang nyaman bagi kedua pihak. Tidak ada alasan untuk tidak minum banyak kopi susu!


6. Krisis. Hidup memang penuh krisis domestik. Anda bisa mengurangi dampak krisis itu dengan keberadaan Anda ketika tukang yang mau membetulkan kebocoran akhirnya muncul.


7. Nyaman. Betul, Anda perlu menciptakan lingkungan seperti kerja di kantor, tetapi dengan bekerja dari rumah, Anda tidak perlu berpakaian resmi sepeeri kalau bekerja di kantor.


8. Rekan. Pasti ada orang yang bekerja bersama Anda, baik secara penuh waktu maupun menurut adanya proyek. Bekerja dari rumah artinya Anda harus merencanakan rapat dan itu harus lebih terfokus dan efektif.


9. Musik klasik. Kalau Anda suka mendengarkan musik, bisa saja. Anda juga terhindar dari masalah jendela akan dibuka atau ditutup. Anda sendiri yang menciptakan lingkungan Anda.


10. Pilek. Anda tahu ketika ada orang yang berbangkis di kantor terbuka? Segera semua orang akan mencari tisu dan menutup hidung. Bekerja dari rumah lebih sehat.


Demikianlah 10 alasan baik untuk bekerja dari rmah menurut Robert Ashton. Ada yang sudah merasakannya? (*)